Pelaksanaan Kegiatan Kursus Singkat Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan PKK Desa Dalam Menentukan Arah Pembangunan Desa Tahun 2023 dilaksanakan di Batam di Nagoya Hotel Batam. Kegiatan berlangsung tanggal 30 Mei 2023 sampai dengan 02 Juni 2023.


Tgl 30 Mei 2023

Tiba di Batam selanjutnya dilaksanakan makan malam bersama beserta sambutan atau sekapur sirih oleh Sekretaris Daerah Kota Batam oleh bapak Jefridin dengan persembahan tarian khas selamat datang di iringi musik melayu. Beliau mengatakan sangat bangga bisa dikunjungi oleh saudara-saudara dari Kabupaten Tapin dan menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya oleh Bapak Walikota Batam tidak dapat berjumpa dan menyapa langsung saudara dari Kabupaten Tapin.

Tgl 31 Mei 2023

Pembukaan Pelaksanaan Kegiatan Kursus Singkat Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan PKK Desa Dalam Menentukan Arah Pembangunan Desa Se-Kabupaten Tapin Tahun 2023 dibuka oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Tapin yang dilaksanakan di hotel Nagoya Hill. Diantaranya para pemateri dari Kemendagri, Ketua TP. PKK Kota Batam, dan Kepala Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam dan juga dilaksanakan diskusi kelompok masing-masing kelas.

 Tgl 1 Juni 2023

Studi Lapangan Menuju langsung kearah pantai utara dari pusat kota terdapat sebuah objek wisata yang sangat unik bernama  Ekowisata Mangrove Pandang Tak Jemu. Ekowisata Mangrove  Pandang Tak Jemu juga memiliki destinasi pantai pasir putih yang begitu elok, keberadaannya di pesisir laut daerah Nongsa, Batam membuat Ekowisata ini memiliki kelebihan pada view pemandangan yang menghadap langsung kenegara jiran yakni Singapore dan Malaysia. Ekowisata Mangrove Pandang Tak Jemu mengusung sajian wisata yang ramah dengan kelestarian hutan mangrove nya yang diaktualisasikan pada paket wisata minatk husus yang berpedoman padanilai-nilai kebermanfaatan alam, lingkungan, social masyarakat, dan pendidikan. Mangrove Pandang Tak Jemu dinilai sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup disekitar karena menjadi dasar pembentukan rantai makanan ekosistem laut, serta dapat mencegah terjadinya bencana dan abrasi pantai. Selain itu, Ekowisata Mangrove Pandang TakJemu menjadi salah satu upaya yang tepat dalam rangka mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan serta sebagai sarana Edukasi bagi generasi penerus yang di damping dari Dinas Pariwisata Kota Batam.